Home Kesehatan • 10 Fakta Menakjubkan tentang Pembuluh Darah Dalam Tubuh Anda

10 Fakta Menakjubkan tentang Pembuluh Darah Dalam Tubuh Anda

 - 

10 Fakta Menakjubkan tentang Pembuluh Darah Dalam Tubuh Anda

Berikut adalah beberapa hal mengejutkan yang mungkin tidak Anda ketahui tentang jaringan luas yang membawa darah ke seluruh tubuh.

Ketika orang memikirkan sistem peredaran darah tubuh, hal pertama yang biasanya terlintas dalam pikiran adalah jantung. Tapi jantung tidak bisa melakukan tugasnya tanpa pembuluh darah: sistem tabung elastis yang luar biasa terbuat dari otot. Jaringan pembuluh darah ini membawa darah ke setiap bagian tubuh Anda, memastikan bahwa jantung, paru-paru, dan semua organ vital Anda mendapatkan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan, National Heart, Paru, dan Lembaga Darah (NHLBI) menjelaskan.

Berikut adalah 10 fakta menakjubkan tentang pembuluh darah:

1. Pembuluh darah Anda bisa mengelilingi dunia. Meskipun pembuluh darah relatif kecil, jaringan ini sangat panjang. Sebenarnya, jika mereka diletakkan dalam garis, mereka akan mengukur lebih dari 60.000 mil panjangnya, menurut National Institute on Aging (NIA) AS. Mengingat bahwa keliling bumi adalah 24.873,6 mil, menurut NASA, itu berarti pembuluh darah Anda bisa mengelilingi bumi lebih dari dua kali.

2. Mereka membawa satu juta barel darah dalam seumur hidup. Darah di tubuh Anda terus mengalir. Setiap hari, jantung Anda memompa sekitar 1.800 galon darah melalui pembuluh darah Anda, negara-negara NIA. Selama sekian lama, sistem yang luas ini membawa sekitar satu juta barel darah ke seluruh tubuh.

3. Pembuluh darah bekerja sebagai tim. Tiga jenis utama pembuluh darah – arteri, vena, dan kapiler – semuanya bekerja sama, menurut NHLBI. Saat jantung berkontraksi, darah dipompa ke arteri yang membawanya keluar dari jantung. Arteri terhubung ke pembuluh darah kecil berdinding tipis yang disebut kapiler, yang memungkinkan oksigen bergerak dari darah ke sel-sel tubuh. Kemudian pembuluh darah membawa darah terdeoksigenasi kembali ke jantung.

4. Kondisi serius bisa mempengaruhi semua jenis pembuluh darah. Kebanyakan orang sadar akan kondisi kesehatan yang mengganggu pembuluh darah yang lebih besar, mulai dari aterosklerosis (pengerasan arties) hingga varises. Tapi bahkan kapiler kecil pun bisa terpengaruh. Sindrom kebocoran kapiler adalah penyakit langka dimana dinding pembuluh darah kecil ini bocor, membanjiri jaringan sekitarnya dengan darah. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan parah dan tekanan darah rendah, menurut National Institutes of Health .

5. Pembuluh darah bertindak sebagai medan kekuatan untuk otak. Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem pertahanan penting yang dikenal sebagai penghalang darah-otak. Jaringan pembuluh darah dan jaringan yang terdiri dari sel yang tertutup rapat membantu menjaga zat berbahaya agar tidak mencapai otak, National Cancer Institute menjelaskan. Hambatan darah-otak memungkinkan beberapa zat penting, seperti air, oksigen, dan karbon dioksida, untuk masuk ke otak, namun membuat bakteri dan zat berbahaya lainnya keluar. Meskipun anestesi umum dapat melewati sawar darah otak, banyak obat penting, termasuk beberapa obat anti kanker, tidak mampu, menghadirkan tantangan bagi dokter yang merawat banyak penyakit serius dan melemahkan yang mempengaruhi otak, catatan NCI. Ini termasuk kanker otak dan penyakit Parkinson .

TERKAIT: 10 Fakta Menakjubkan Tentang Hati Anda

6. Pembuluh darah dipengaruhi oleh cuaca. Sistem peredaran darah membantu menjaga suhu tubuh. Pembuluh darah meluas untuk melepaskan panas, memungkinkan Anda untuk mendingin, dan menyempit atau menyempitkan untuk menghemat panas, menurut National Library of Medicine . Dalam kasus ekstrim, seperti saat kaki Anda terkena kondisi sangat dingin atau basah untuk waktu yang lama – sebuah kondisi yang disebut parit kaki – penyempitan pembuluh darah dapat mematikan sirkulasi, menyebabkan jaringan kulit mati, menurut Pusat AS untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit . Konsekuensi lain dari paparan ekstrim adalah radang dingin, yang bisa terjadi hanya beberapa menit dalam kondisi beku.

7. Salahkan itu es krim kepala pada pembuluh darah Anda. Siapa pun yang menyukai es loli atau es mungkin akrab dengan sensasi tidak nyaman yang dikenal sebagai pembekuan otak. Saat sesuatu yang dingin menyentuh atap hangat mulut Anda, pembuluh darah lokal menyempit untuk meminimalkan kehilangan panas, lalu rileks untuk mengembalikan aliran darah. Respon ini memicu ledakan rasa sakit yang berlangsung selama beberapa menit, atau sampai tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang tiba-tiba, National Institute of Neurological Disorders and Stroke menjelaskan. Badan ini mencatat bahwa sakit kepala es krim lebih sering terjadi pada orang-orang yang menderita migrain .

8. Pembuluh darah Anda mungkin mendapat dorongan dari cokelat. Mengonsumsi coklat dalam jumlah sedang dapat menawarkan beberapa manfaat, termasuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda tetap sehat dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, menurut sebuah penelitian pada bulan Juni 2015 yang dipublikasikan di Heart . Bagaimana kenikmatan bersalah ini menguntungkan pembuluh darah Anda? Cokelat, terutama coklat gelap, mengandung zat gizi mikro yang disebut flavonoid yang diyakini memiliki sifat antioksidan kuat, American Institute for Cancer Research menunjukkan.

9. Obesitas memakan korban pada pembuluh darah. Diperkirakan setiap pon lemak membutuhkan sekitar satu mil ekstra pembuluh darah, menurut Koalisi Aksi Obesitas – dan itu berarti lebih banyak pekerjaan untuk jantung. Ini bisa menambah ketegangan pada jantung, catat David Zhao, MD , kepala seksi dan profesor kardiologi di Wake Forest Baptist Medical Center di Winston-Salem, North Carolina. ” Obesitas memiliki fenomena ambang batas,” Dr. Zhao menjelaskan. Bagi seseorang yang memiliki berat 110 pon, keuntungan satu pon tidak akan melewati ambang batas dan membuat banyak tekanan pada jantung dan pembuluh darah. Tapi bagi seseorang yang sudah 300 pound, itu bisa membebani jantung dan meningkatkan risiko penyumbatan di dalam pembuluh darah, dia mengingatkan.

10. Kerusakan pembuluh darah bisa dimulai lebih awal. Pembuluh darah mengalami perubahan seiring bertambahnya usia dan waktu, namun kerusakan bisa dimulai lebih awal, bahkan selama masa kanak-kanak, Zhao memperingatkan. Remaja gemuk dengan tekanan darah tinggi mungkin menunjukkan tanda-tanda arteri yang lebih tebal pada saat berusia 30 tahun, American Heart Association melaporkan. Paparan asap rokok menyebabkan kerusakan langsung tidak hanya pada paru-paru, tapi juga ke pembuluh darah di seluruh tubuh. Merokok dapat menyebabkan jaringan parut dan lemak menumpuk di dalam pembuluh darah, membatasi aliran darah, menurut American Lung Association . Selama seumur hidup, penghinaan ini membawa korban kumulatif pada pembuluh darah, Zhao menambahkan. Dia menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan tetap sehat, dan tidak merokok merupakan perubahan gaya hidup utama yang bisa membantu melindungi pembuluh darah Anda.

Baca Juga:

Author:m7xap