Home Kesehatan • Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

 - 
Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIPCara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP
Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIPCara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Air Susu Ibu Perah (ASIP) pastinya memerlukan alat

seperti alat pompa ASI dan juga botol penyimpanan. Agar kandungan nutrisi pada ASI tidak terkontaminasi, ada baiknya Bunda sangat memperhatikan kebersihan dari botol pompa ASIP.

Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP – Pompa ASI merupakan alat yang umum digunakan bagi ibu menyusui. Bukan hanya sekedar mengetahui bagaimana cara penggunaan dari pompa ASI itu sendiri, Bunda harus memperhatikan kebersihan botol pompa ASI dan juga botol penyimpanannya.

Kebersihan botol pompa ASI sangat perlu untuk diperhatikan agar hindarkan dari kuman dan juga jamur berbahaya. Jika botol tidak bersih, bisa membuat kandungan nutrisi ASI jadi tercampur dengan kuman dan jamur. Sehingga dapat membahayakan ASI untuk dikonsumsi si kecil.

 

Untuk menjaga kebersihan botol pompa ASI

Bunda harus lakukan beberapa cara. Membersihkan botol pompa ASI secara tepat tidak memerlukan cara yang sulit atau melelahkan, cukup dengan ketelitian dan rutin dalam melakukannya. Berikut adalah caranya:

Cara Membersihkan Botol Pompa ASIP
1. Bunda Perlu Pahami Bagian-bagian Pompa ASI
Saat memiliki pompa ASI baik itu manual atau elektrik, Bunda harus memahami betul bagian-bagiannya dan juga fungsinya. Bunda bisa membaca instruksi atau buku manual dari pompa ASI yang digunakan.

Bunda bisa mengetahui bagian mana saja yang perlu dibersihkan dan bagaimana cara tepat untuk membuka bagian-bagian yang perlu untuk dibersihkan.

2. Pisahkan Saat Mencucinya
Sebelum mulai mencucinya, ada baiknya Bunda memisahkan bagian-bagian dari pompa ASI. Cuci pompa ASI satu persatu per bagiannya. Seperti Bunda cuci botol susu terlebih dahulu lalu lanjutkan dengan bagian lainnya.

3. Gunakan Air Mendidih untuk Mensterilkan Botol
Mensterilkan botol pompa ASI penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dari botol. Bunda bisa sterilkan semua bagian pompa yang sudah terkena ASI dan juga yang menempel langsung dengan payudara sebelum Bunda menggunakannya untuk pertama kali.

 

Bunda bisa mensterilkan pompa ASI

di dalam air yang mendidih selama 10 hingga 20 menit. Lakukan lah secara rutin agar botol terhindar dari bakteri dan jamur. Untuk bagian pompa ASI yang tidak terkena ASI dan tidak menempel langsung pada payudara, tidak perlu Bunda sterilkan secara rutin.

4. Keringkan Hingga Tuntas
Bukan hanya memperhatikan bagaimana cara mencuci dan membersihkan botol. Setiap botol pompa ASI juga perlu Bunda keringkan secara alami hingga kering sempurna.

Jika terburu-buru dan pompa ASI ingin digunakan segera, Bunda bisa lap pompa ASI dan botol dengan kain lembut dan tidak berserabut hingga kering sempurna.

kebutuhan ibu dan anak

Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!
5. Gunakan Sesuai Batas Pemakaian
Dalam menggunakan pompa ASI manual dan elektrik, Bunda harus mengetahui batas pemakaiannya. Jika pompa ASI sudah digunakan selama 3-4 kali penggunaan, Bunda perlu melakukan sterilisasi pada botol dan pompa ASI.

6. Cegah Timbulnya Jamur
Pada pompa ASI terdapat tabung yang perlu dibersihkan dan disterilkan. Hal tersebut dikarenakan tabung juga terkena ASI sehingga wajib untuk Bunda bersihkan. Caranya mudah, Bunda bisa rebus tebung dengan air mendidih dalam waktu 10-20 menit.

Setelah itu, Bunda juga bisa mengoleskan alkohol ke dalam pipa untuk mempercepat pengeringan dan berfungsi untuk mencegah timbulnya jamur.

7. Lakukan Sterilisasi Secara Rutin
Jika si kecil sudah terlanjur terkena jamur pada bagian bibirnya, Bunda harus segera atasi masalah tersebut. Sebaiknya Bunda lakukan sterilisasi dengan merebus pompa ASI yang harus dilakukan setiap hari.

8. Selalu Cuci Tangan Terlebih Dahulu
Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun saat sebelum dan sesudah menggunakan pompa ASI. Hal ini dapat menjaga ASI tetap steril dan tidak terkontaminasi dengan kuman.

Membersihkan segala perlengkapan kebutuhan Bunda dan si kecil memang perlu dilakukan. Bahkan, mainan si kecil pun juga perlu Bunda sterilkan agar terhindar dari berbagai kuman berbahaya.

Beberapa juga memilih alat sterilisasi khusus untuk mensterilkan botol susu, pompa ASI, hingga mainan. Menggunakan alat tersebut akan lebih efisien bagi Bunda sehingga tidak perlu lagi merebus air hingga mendidih.

Nah, kini Bunda sudah tahu kan bagaimana cara tepat membersihkan botol ASIP agar selalu terhindar dari kuman dan jamur? Lakukan lah secara rutin agar dapatkan hasil yang maksimal!

Sumber : https://merekbagus.co.id/

Author:m7xap