Home P.Umum • Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

 - 
Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan
Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

Wisata Danau Terbesar di Indonesia

Berbicara soal wisata alam, tujuan wisata alam seperti apa yang kamu sukai? Gunung, sungai, atau pantai? Selain ketiga tujuan wisata tersebut, danau merupakan salah satu tujuan wisata alam yang tak kalah menarik. Di Indonesia sendiri ada beberapa destinasi wisata danau yang cukup populer, baik karena keindahan panorama hingga ukuran luas danau yang spektakuler.

Yuk, intip rekomendasi wisata danau terbesar dan terindah yang ada di Indonesia berikut:

Wisata Danau Terbesar di Indonesia

1. Danau Toba

Tak cuma menjadi danau terluas di Indonesia, Danau Toba juga merupakan salah satu danau Vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi) dengan kedalaman mencapai 505 meter menjadikan Danau Toba sebagai danau terdalam kedua di Indonesia, dan ke-15 di dunia.

Danau Toba terkenal memiliki keindahan alam yang masih sangat asri sehingga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Sumatera Utara. Keunikan dari Danau Toba antara lain keberadaan Pulau Samosir. Disini Toppers juga bisa mengenal lebih dekat kebudayaan Batak, khususnya Batak Toba.

2. Danau Towuti

Setelah Danau Toba, ada pula Danau Towuti yang memiliki luas permukaan mencapai 561 km2 sehingga menjadikannya danau terluas di Indonesia setelah Danau Toba. Danau tektonik yang berusia jutaan tahun ini berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Merupakan salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia, Danau Towuti merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menarik untuk Toppers yang punya rencana liburan ke Sulawesi Selatan.

3. Danau Ranau

Jika melihat dari volume air-nya, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Berada di perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Danau Ranau merupakan danau Vulkanik yang memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125.9 km2, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km3.

Di tengah danau ini terdapat Pulau Marisa yang menjadi salah satu tujuan wisata karena keberadaan tempat pemandian air panas alami.

Danau Singkarak

Berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat terdapat Danau Singkarak. Memiliki ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km2, menjadikan Danau Singkarak sebagai danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Danau Matano

Selain Danau Towuti, di Sulawesi Selatan masih ada danau lainnya yakni Danau Matano. Danau Matano yang memiliki kedalaman mencapai 590 meter merupakan Danau paling dalam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan menempati urutan ke-11 di dunia. Dengan keindahan alam di kawasan danau ini menjadikannya salah satu tujuan wisata alam di Sulawesi Selatan.

6. Danau Poso

Beralih ke Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Poso Toppers bisa menemukan danau tektonik purba lainnya, yakni Danau Poso. Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan 323 meter km2. Dengan kedalaman mencapai 450 meter membuat Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia.

7. Danau Maninjau

Wisata danau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Danau Maninjau, sebuah danau vulkanik yang berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini berada pada ketinggian 459 m dengan ukuran panjang 16 km, lebar 7 km, luas permukaan 99,5 km2, kedalaman maksimal 165 m dengan volume air 10,4 km3.

8. Danau Tempe

Danau Tempe adalah danau terluas kedua yang berada di Pulau Sulawesi yang memiliki luas permukaan mencapai 350 km2. Terletak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Danau tempe merupakan danau Tektonik.

Salah satu daya tarik wisata Danau Tempe adalah festival tahunan yang diadakan setiap tanggal 23 Agustus yakni Maccera Tappareng, sebuah upacara penyucian danau dengan pemotongan sapi yang dipimping ketua Nelayan.

Selain upacara tersebut, pada seusai Maccera Tappareng akan diselenggarakan berbagai agara menarik lainnya seperti lomba-lomba permainan tradisional, pertunjukan seni, dan berbagai atraksi lainnya.

Danau Paniai

Di kawasan timur Nusantara, terdapat Danau Paniai yang berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua. Danau tektonik ini berada di ketinggian 1.742 meter dengan luas permukaan mencapai 195 km2. Danau Paniai juga merupakan rumah bagi satwa endemik Udang Selingkuh yang keberadaannya sudah semakin langka.

10. Danau Sentani

Masih berada di Papua, Toppers juga bisa menemukan Danau Sentani yang membentang dari Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Dengan luas mencapai 9.360 hektar menjadikan Danau Sentani sebagai danau paling luas di Papua. Tak cuma terkenal akan keindahan alamnya, daya tarik wisata dari Danau Sentani adalah perhelatan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan setiap bulan Juni dimana berbagai pertunjukkan adat dan upacara adat diselenggarakan disekitar Danau.

Sumber : https://how.co.id

In P.Umum

Author:m7xap