Home Pendidikan • Kecamatan Wirobrajan dan Dinas PUPKP Terbaik

Kecamatan Wirobrajan dan Dinas PUPKP Terbaik

 - 
Kecamatan Wirobrajan dan Dinas PUPKP Terbaik
Kecamatan Wirobrajan dan Dinas PUPKP Terbaik

Kecamatan Wirobrajan dan Dinas PUPKP Terbaik

 

Kecamatan Wirobrajan dan Dinas PUPKP Terbaik

Dalam evaluasi implementasi Smart City 2018

Kecamatan Wirobrajan dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) keluar sebagai juara pertama alias terbaik dalam ajang Walikota Mengapresiasi tahun 2018 yang digelar di Ruang Bima, Rabu (26/12/2018).

Dalam Kesempatan Walikota Mengapresiasi tahun ini

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan apresiasi kepada OPD Pemkot Yogyakarta ditingkat kecamatan, OPD non kecamatan, kepada kampung dan lembaga berbasis masyarakat yang telah mampu mengembangkan teknologi informatika. https://bandarlampungkota.go.id/blog/kata-bijak-bahasa-inggris/

“Saya ucapkan selamat kepada OPD dan kecamatan atas keberhasilan inovasinya dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),” ucap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam sambutannya.

Heroe meminta OPD

Heroe meminta OPD dan Kecamatan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, meningkatkan responsivitas dalam mengantisipasi serta mengatasi berbagai masalah yang ada di masyarakat secara optimal sesuai dengan kapasitas dan bidang kerja masing-masing.

Pihaknya pun mengingatkan Kota pintar atau Smart City bukanlah semata-mata apabila ada aplikasi layanan bagi masyarakat, kemudian misi suatu kota menjadi Smart City tersebut tercapai.

“Akan tetapi pada hakekatnya penerapan aplikasi tersebut secara optimal bagi pelayanan dan kesejahteraan masyarakat adalah salah satu langkah awal dari bagaimana suatu kota dikelola secara cerdas,” sambungnya.

Lebih lanjut Heroe menjelaskan

Smart city bukanlah tentang besarnya dana untuk membeli perangkat teknologi canggih telekomunikasi semata, akan tetapi, lanjutnya, lebih daripada itu yakni menyangkut bagaimana sebuah kota mampu merubah cara berpikir dan juga cara melayani masyarakat agar lebih optimal.

Heroe pun mengaku tengah berkomunikasi dengan instansi lain seperti kepolisian, Pengadilan dan Kementerian Agama untuk bergabung sekaligus bersinergi memberikan pelayanan dalam satu aplikasi yang sama.

“Kami masih terus mengembangkan smart city ini agar benar-benar menjadi smart bukan hanya lomba mengembangkan aplikasi saja,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono menerangkan Walikota mengapresiasi tahun 2018 merupakan bentuk apresiasi dan atensi pemerintah Kota Yogyakarta terhadap langkah, tindakan serta keputusan cerdas baik jajaran pemerintahan maupun masyarakat Kota Yogyakarta.

Dinas PUPKP

“Dinas PUPKP dinilai memiliki tingkat responsivitas terbaik terhadap penyelesaian layanan publik, sementara Kecamatan Wiborajan memiliki jumlah penduduk terbanyak yang telah melakukan registrasi JSS,” urainya.

Pihaknya berharap penghargaan tersebut bisa menjadi gambaran bagi penerima apresiasi bahwa kinerjanya selama ini sudah berada dalam track yang benar sehingga bisa ditularkan kepada OPD lain.

Dalam Walikota Mengapresiasi 2018 tidak hanya diberikan kepada Kecamatan dan OPD saja namun juga diberikan kepada Kampung Smart, Kampung Bijak, Perilaku Ekonomi Cerdas serta Gagasan Cerdas.

Sementara itu Camata Wirobrajan, Rumpis mengaku bangga dengan penghargaan tersebut, pihaknya menilai aplikasi JSS telah membantu banyak warga Wirobrajan.

“Masyarakat di Wirobrajan telah familiar dengan JSS, kami juga terus mensosialisasikan aplikasi JSS dalam kesempatan apapun,” ucapnya.

Author:m7xap