Home Pendidikan • Kerajaan Di Dunia Pernah Jadi Penguasa Dunia

Kerajaan Di Dunia Pernah Jadi Penguasa Dunia

 - 
Kerajaan Di Dunia Pernah Jadi Penguasa Dunia
Kerajaan Di Dunia Pernah Jadi Penguasa Dunia

Kerajaan Di Dunia Pernah Jadi Penguasa Dunia

Kerajaan Di Dunia Pernah Jadi Penguasa Dunia

Kerajaan Akkadia ( 2300 BC )

Bangsa Akkdia merupakan rumpun Bangsa Semit yang bersal dari Padang Pasir. Mereka datang dari daerah yang terletak dari sebelah utara daerah Mesopotamia utara. Dipimpin oleh Sargon. Pasuka Akkadia semakin kuat dan berhasil menduduki Mesopotamia dengan kekalahnya kerajaan Sumeria.
Setelah menaklukan Bangsa Sumeria mereka tidak legi mengembara melainkan hidup menetap didaerah tersebut. Mereka hanyak menaklukan politiknya saja tetapi tidak menaklukan kebudayaan Bangsa Sumeria malahan mereka mengadopsi kebudayaan Bangsa Sumeria bahkan mereka menikah dengan penduduk yang ditaklukan. Bangsa akkdia memuja banyak dewa sama dengan Bangsa Sumeria.

Kerajaan babylonia Lama ( 1900 BC – 1350 BC )

Bangsa amorit dari sebelah bangsa menguasai Bangsa Sumeria . Bangsa Amorit yang merupakan rumpun Bangsa Semit yang menguasai Babylonia lama. Ang pada mulanya berkuasa di Syiria . Raja pertama yang bernam Sumuabun yang mendirikan pusat kekuasaan Babylona ditepi sungai Eufrat bagian tengah. Salahsatu raja yangterkenal dari Dinasti Amrit ini adalah Hammurabi yang memerintah tahun 1750 – 1708 BC. Raja Hamurabi adalah seorang yang berhasil menyatukan seluruh wilayah yang ada diMesopotamia bahkan kekuasaan ya sampai ke Syiria dan Telur Parsi.

Pada tahun 1900 BC Hamurabi mengelarkan undang yang ditulis di batu yang menggunakan tulisan paku. Undang – undang ini terdiri dari 282 pasal yang berisi tentang pengadilan, cara mendirikan bagunan, cara melakukan pengobatan, hukuman terhadap kejahatan, penetuan upah , harga dan sebagainya. Setiap kejahatan akan mendapat balasan yang setipal yang disebut dengan” hukum balasan”. Raja hamurabi memberlakukan udang – undang tersebut tampa pandang bulu sehingga pemerintahannyamerupakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Namun setelah Hamurabi meninggal , kerajaan Babylonia yang besar dan maju tersebut sudah mulai lemah. Tetapi Undang – undang tersebut masih dipakai sesudah 2000 tahun kemudian bagi kerajaan Mesopotamia disekitarnya. Sistem pemerintahanya bersifat desentralisasi dimana wilayah kekuasaanya diberlakukan bagi setiap penduduk .

Kerajaan Assyiria ( 1350 Bc – 627 BC )

Bangsa Assyiria yang tinggla dihulu Sungai Eufrat dan Tigris berusaha untuk menguasai daerah Mesopotamia. Selama beberapa tahun bangsa Assyiria melawan bangsa Sumeria dan Akadia sehingga berhasil memenangkan perperang. Pusat kota kerjaan Assyiria adalah kota Niveh ditepi Sungai Eufrat dan Tigris. Kerajaan Assyria mencampai puncak kejaan pada masa Raja Arshubanipal II. Dimana ia berhasil membuat perpustakaan tertua dunia yang mampu menampung 22.000 tablet yang terbuat dari lempeng tanah yang berisi tentang masalah agama, sastra, pengobatan, Matematika, ipa dll. Salasatu buku yng terkenal yaitu gilgamesh yang isinya tentang pencibtaan dunia dan percikan banjir besar pada masa Nabi Nuh .Dearah kekuasanya sampai ke Asia Depan bahkan sampai Lembah Sungai Nil. Wilayah kerajaan dibagi perporovinsi, setip provinsi dipimpin oleh gubernur yang betanggung jawab kepada raja. Untuk memperlancar hubungan ini dibangunlah jalan raya. Daerah – daerah bawahan kerajaan Assyiria harus membayar upeti yang berupa perak, emas batu permata dan gading.

Pada tahun 626 kerajaan Assyria mulai mundur dan Bansa Chaldea ( yang berkembang di Mesopotamia Selatan ( bekas kekuasaan babylonia lama bangkit kembali pada tahun 612 BC). Yang dahulunya berhasil melepaskan diri dari bangsa Assyiria membentuk imperium baru kemudian Bangsa Babylonia berhasli mendudki kota Ni Niveh.
Raja yang pernah berkuasa di kerajan Assyria aadalah raja sargon II ( berhasi menaklukan kerajaan sumeria ) raja Sennzcherib ( anak raja sargon II yang berhasil meluaskan wilayah dengan menaklukan pantai barat Asia kecil sampai mesir ). Raja Arshubanipal ( Cucu raja Sennzcherib ) yang berhasil membuat perpustakaan di kota Ni Niveh.
Kota Niveh

Kerajaan babylonia baru ( Khaldean)

Setelah berhasil merebut kota Niveh 612 Bc Bangsa Khaldea dibawah pimpina raja Nabopalausar. Raja yang berkuasa disini diantaranya raja Nabopalausar ( raja pertama dikerajaan Babylonial baru ). Raja Nebukaadnezar ( yang berhasil membuat jembatan besar yang menghubungkan lalu lintas kota Babylon. Raja Nabonidus ( raja yang sering melakukan serangan ketanah arab ). Raja Belshazza raja terkahit kerajaan Babylonia.

Puncak kekuasaab Bablonial yaitu pada masa raja kedua (Nebukaadnezar ) dera kekuasan mencapai Pantai Laut Tengah, Syiriah, Palestina. Yang paling menarik dari kota babilonia dalah Menara Babel yang tingginya 90 meter dan Taman Gantung Babylonia yang tingginya 107 meter. Sejarah yang terpenting pada masa Raja Nebukadzenar ini adalah “Pembuangan babylonia ( 586 – 550 BC ) dimana peristiwa tersebut pristiwa penaklukan kerjaan Yudea dan palestina dan ibukota Yarusalem direbut. Bangsa Israel termasuk pimpinannya dijadikan budak, hal ini sangat membekas bagi orang Israel. Stelah nebukadzenar meninggak kerjaan babylonia lemah dan kemudian bangsa Babylonia ini berakhir akibat serang dari bangsa media dari persia

 

Kerajaan Persia ( 539 – 331 BC )

Sejak bangsa media berhasil mengalahkan Babylonia. Mereka meluaskan kerajaan dari Teluk Parsi sampai ke Laut Kaspia . Raja yang meminpin penyeranggan yaitu Xares 539 Bc ia memimpi penyerangan terhadap Babylonia. Dibawa pimpinan Xares bangsa ini sangat kuat tetapi setelah meninggal Xares digantikan oleh Astygae kerajaan Media semaki mundur bahakan dikuasai oleh Cyrus dari Persia. Kemudian Raja Cyrus memperluas wilayahnya sampai ke Asia kecil. Tahun 530 BC Raja Cyrus telah berhasil menduduki India bagian barat.

Namun dalam melawan bangsa tura Cyrus terbunuh dan digantikan oleh anaknya Cambysses. Yang telah berhasil megembalikan ketemtrraman dalam negeri dan bahkan Cambysses berhasil menaklukan Mesir. Setelah meninggal digantikan oleh Darius. Dibawah pemerintahnya Persia mencapai puncak kejayaan . dan Darus membangun istanah yang mega di kota Suza. Istana Dpersepolis terkenal karena mempunyai tangga raksasa sebelum masuk kedalam istana tersebut.

Sumber : https://dosen.co.id/

Author:m7xap