Home Pendidikan • Kunker Menristekdikti ke PTDI

Kunker Menristekdikti ke PTDI

 - 
Kunker Menristekdikti ke PTDI
Kunker Menristekdikti ke PTDI

Kunker Menristekdikti ke PTDI

Kunker Menristekdikti ke PTDI

Kunker Menristekdikti ke PTDI

BANDUNG–Bertempat di Ruang Rapat Paripurna GPM Lantai 9 PT Dirgantara

Indonesia (PTDI), diadakan Acara “Kunjungan Kerja Menristekdikti Republik Indonesia”. Acara kunjungan kerja (kunker) ini dihadiri oleh Muhammad Nasir selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Thomas Djamaluddin selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Rombongan kunjungan kerja Menristekdikti ini diterima oleh Direktur Utama PTDI, Budi Santoso beserta jajarannya.

Kunjungan kerja ini untuk melihat perkembangan proses sertifikasi pesawat N219. Pesawat N219 merupakan pesawat penumpang dengan kapasitas 19 penumpang dengan dua mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi Civil Aviation Safety Regulations (CASR) Part 23. Ide dan desain dari pesawat dikembangkan oleh PTDI dengan pengembangan program dilakukan oleh PTDI dan LAPAN.

Pesawat N219 telah melakukan berbagai pengujian, misalnya

electrical grounding bonding test, leak test dan cleaning test di fuel tank, untuk memastikan tidak adanya kebocoran, selain itu telah dilakukan pengujian landing gear drop test dan electrical power test.

Pesawat N219 prototype pertama saat ini masih berjalan proses yang disebut basic airframe dan basic system installation. Kemudian setelah itu akan melakukan berbagai macam uji fungsi (functional test) untuk memastikan setiap komponen berfungsi dengan baik.

Beriringan dengan penyelesaian basic airframe dan basic system

installation di pesawat, kami juga sedang melakukan wing static test untuk prototype pertama pesawat N219, kesesuaian dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara/The Directorate General of Civil Aviation (DGCA) Kementerian Perhubungan RI untuk melakukan proses wing static test juga telah dilakukan.

Wing static test merupakan pengujian struktur sayap pesawat N219 diberi beban limit mencapai 100% bahkan hingga ultimate atau dipatahkan untuk melihat kekuatan maksimum yang dapat ditahan oleh sayap pesawat N219. Data dari wing static test ini dapat menjadi bahan evaluasi engineer PTDI untuk melakukan penyempurnaan pada pesawat N219. jo

 

Sumber :

https://www.lomography.com/homes/jessieschultz/notes/1954590-karenanya-mereka-dikenal-sebagai-gelombang-elektromagnetik

Author:m7xap