Home P.Umum • Manfaat Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Manfaat Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

 - 

Sebagai makhluk sosial, insan tak dapat hidup sendiri. Kita butuh berinteraksi dengan lingkungan sekitar, baik dengan orang-orang di sekeliling anda maupun alam. Karena itu, penting menyuruh anak lebih peduli terhadap lingkungan sejak dini supaya mereka tumbuh menjadi individu yang lebih baik. Apa saja guna mengajarkan anak peduli lingkungan semenjak kecil?

1. Menghindarkan rasa egois

Ajak anak melihat suasana sekitar, contohnya dengan berangjangsana ke panti asuhan atau lingkungan kumuh, supaya mereka tahu bahwa tidak seluruh anak-anak seberuntung mereka. Beritahu mereka bahwa di luar sana terdapat anak-anak yang tidak dapat tinggal di lokasi tinggal nyaman laksana mereka atau tidak punya family yang lengkap. Jadi, urusan ini dapat menumbuhkan empati dan menciptakan mereka tidak egois.

2. Meningkatkan kasih sayang

Berbagi dengan lingkungan sekitar dapat diajarkan semenjak kecil. Sehingga, saat dewasa nanti, anak terbiasa berbagi hal-hal positif untuk lingkungan atau orang-orang di sekitarnya. Anda dapat memulainya dari urusan kecil, contohnya mengajarkan anak menawarkan dan membagi makanan yang ia punya untuk orang di sekitarnya, sampai menyuruh anak menyisihkan duit angpau hari rayanya guna disumbangkan untuk orang-orang yang tidak cukup beruntung.

3. Memikirkan masa depan

Masa depan anak tergantung untuk bagaimana mereka memperlakukan lingkungan hidup semenjak kecil. Beritahu anak-anak akan akibat yang mereka rasakan nanti andai mereka tidak jarang buang sampah sembarangan atau boros menggunakan air. Dengan begitu, mereka jadi paham bahwa perbuatan yang mereka kerjakan sekarang akan berdampak pada masa mendatang mereka.

4. Bertanggung jawab

Dengan mengajarkan anak guna lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, berarti kita mengajarkan mereka guna bertanggung jawab terhadap seluruh tindakan dan opsi yang mereka buat. Anakpun jadi lebih berhati-hati sebelum melakukan sesuatu sebab dia tidak lagi melulu memikirkan dirinya sendiri, melainkan pun memikirkan orang beda dan lingkungan hidup yang dapat terkena akibat dari tindakannya tersebut.

Baca Juga : Solusi dan Penyebab Ketidakstabilan Harga pada Produk Pertanian

In P.Umum

Author:m7xap