Home Pendidikan • Mengenal 6 Organ Sistem Pernapasan Manusia

Mengenal 6 Organ Sistem Pernapasan Manusia

 - 

Mengenal 6 Organ Sistem Pernapasan Manusia

Pada hari minggu kemarin, Rogu sedang lari pagi bersama Budi di lapangan dekat rumah.

Rogu: “Kok bau ya, ini bau apa sih?”

Budi : “Iya Rogu, ini bau sampah. Karena di sebelah kiri kamu tersedia tumpukan sampah berserakan”

Rogu: “Pantesan, yuk kami lari lebih cepat agar baunya ilang”

Setelah berlari lebih kurang 100 m, Rogu lagi berhenti.

Rogu: “Wah, ini bau apa? kok enak?”

Budi : “Iya Rogu, ini bau Ayam goreng. Karena di depan kamu tersedia warung ayam goreng”

Wah, Rogu tambah sehat ya sekarang. Tapi tahukah kamu, kok Rogu sanggup membedakan bau sampah dan bau ayam goreng ya? Yup, kami sanggup ngebedain bau ayam goreng dan sampah itu dikarenakan hidung kami lho! Rongga hidung ini terhitung ke didalam organ yang berperan didalam proses pernapasan kita. Hah? Kok napas? Yuk studi berkenaan proses pernapasan, check this out!

Rongga hidung

Organ pertama yang membantu proses pernapasan kami adalah rongga hidung. Rongga hidung merupakan rongga tempat masuknya hawa untuk kami bernafas. Pada rongga hidung terkandung rambut hidung yang bermanfaat menyaring hawa yang masuk ke rongga hidung. Tidak cuma itu, di rongga hidung terhitung terkandung ujung-ujung saraf pembau. Nah, saraf ini bermanfaat untuk membedakan bau-bau yang masuk ke hidung. Nah, dari saraf ini kamu sanggup membedakan mana bau parfum, bau sampah, hingga bau ayam goreng yang membuat laper.

adi, secara total manfaat rongga hidung kami adalah:

Tempat masuknya udara.
Penyaring hawa melalui rambut-rambut halus dan lendir di didalam hidung.
Sebagai indra penciuman.

Pangkal tenggorokan (laring)

Next, organ yang ke-2 adalah laring. Laring atau yang biasa disebut pangkal tenggorokan, bermanfaat sebagai tempat melekatnya selaput atau pita suara. Nah, pada laring lah nada kami sanggup dihasilkan. Laring sanggup terkena infeksi loh, yang biasa dikenal bersama penyakit laringitis. Penyebab infeksi ini adalah dikarenakan ada peradangan akibat kerap teriak, iritasi, atau infeksi. Jadi kamu perlu merawat pita nada kamu ya Squad! Dengan langkah minum air putih dan istirahat yang cukup ya.

Trakea (batang tenggorokan)

Organ yang ketiga adalah trakea. Trakea terletak di depan kerongkongan dan terdiri dari tulang-tulang rawan bersifat cincin. Pada trakea ini, tersedia katup yang bermanfaat untuk mengakses dan menutup saluran pernafasan. Berikut ini adalah proses kerja trakea:

Ketika sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka.
Ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

Bronkus (cabang batang tenggorokan)

Selanjutnya organ didalam proses pernapasan manusia yang keempat adalah bronkus. Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang menyambungkan antara trakea dan paru-paru. Hampir sama bersama trakea, bronkus tersusun atas tulang-tulang rawan yang bersifat cincin. Namun, bronkus terdiri dari dua cabang, yang di tiap-tiap cabang menyambungkan ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Bronkiolus (anak cabang batang tenggorokan)

Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terkandung didalam paru-paru. Jumlah cabang pada bronkiolus cocok bersama kuantitas lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya adalah pada paru-paru sebelah kanan terkandung 3 lobus dan paru-paru kiri terkandung 2 lobus.

Paru-paru (pulmo)

Organ yang paling akhir adalah paru-paru. Paru-paru terletak di didalam rongga dada dan terdiri dari 3 gelambir pada paru-paru kanan dan 2 gelambir pada paru-paru kiri. Di didalam paru-paru inilah berjalan pertukaran hawa kotor yang punya kandungan karbon dioksida (CO2) bersama hawa bersih yang punya kandungan oksigen (O2). Pertukaran hawa ini tepatnya berjalan didalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuhan bersama bronkiolus.

Jadi secara garis besar, proses proses pernapasan manusia terdiri dari 6 organ yaitu rongga hidung, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru.

Baca Juga :

Author:m7xap