Home Tekno • OPPO R11: Hp Terkini namun Bukan Hape Selfie

OPPO R11: Hp Terkini namun Bukan Hape Selfie

 - 

OPPO R11: Hp Terkini namun Bukan Hape Selfie

Dirilisnya R11 menjadi penyegar lini smartphone OPPO. Pasalnya sudah hampir dua tahun ini OPPO menjejali Indonesia dengan smartphone Selfie Expert, yaitu F1 dan F3 series. Tapi yang cukup disayangkan, OPPO R11 tidak tersedia resmi di Indonesia dan hanya berkunjung ke negara tetangga layaknya Malaysia dan Singapura. Buat Anda yang penasara, kita tetap membuatkan review-nya untuk Anda!

OPPO R11

Kelebihan

Tipis dan compact. Kita semua mengerti kalau desain OPPO R11 persis dengan iPhone 7 Plus serta terhitung digunakan oleh OnePlus 5. Terlepas berasal dari kasus jiplak-menjiplak desain, OPPO berhasil merancang R11 dengan desain yang lebih segar ketimbang jajaran F1 dan F3 series.

Jika mendambakan tampil elegan, kita anjurkan Anda untuk belanja unit yang berwarna hitam atau apalagi merah. Bodinya terbuat berasal dari metal dan mulai sangat ramping dengan ketebalan 6,8 mm saja. Tapi kita sangat risih kala menggunakannya tanpa casing sebab sangat-sangat licin. Beruntung OPPO melampirkan jelly case transparan gratis.

Akhirnya Nougat. Sistem operasi OPPO F1 dan F3 series pas ini masih mentok dengan ColorOS berbasis Android Marshmallow. Untungnya tidak demikian dengan R11 yang sudah lebih segar dengan ColorOS 3.1 berbasis Android 7.1.1 Nougat. Tampilan interface-nya masih mirip iOS, apalagi dengan panel shortcut yang kini tersedia di layar bagian bawah, bukan ulang atas.

Chipset segar. Snapdragon 660 adalah alasan utama mengapa kita belanja OPPO R11. Ini adalah chipset kelas menengah terbaru sekaligus tertinggi yang belum lama dirilis Qualcomm. Yang menggunakannya pun masih sangat jarang. Dan benar saja, performa komputasinya bisa menyaingi chipset kelas atas Snapdragon 820 atau 821. Terbukti dengan skor AnTuTu di atas 110 ribu poin.

Layar sesuai kebutuhan. Panel AMOLED, resolusi Full HD, bentang 5,5 inci, dan dilapisi Gorilla Glass 5. Keempat hal berikut sudah sangat memenuhi untuk keperluan sebuah smartphone masa kini. Ya, layar OPPO R11 enak dipandang di didalam maupun luar ruangan dan terbilang cukup tahan goresan.

Dual-camera pertama. R11 menjadi smartphone dual-camera pertama yang diciptakan OPPO demi ikuti tren yang sedang berkembang pas ini. Konfigurasinya mirip OnePlus 5. Kamera utamanya beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.7 dan PDAF. Adapun kamera sekundernya beresolusi 20 MP f/2.6 dibekali kebolehan 2x optical zoom. Seperti biasa, ke dua kamera ini bisa aktif bersamaan (mode portrait).

Selfie ganas. Awalnya kita mengira kalau OPPO R11 bukanlah smartphone teristimewa selfie. Kamera depannya sesungguhnya hanya satu beresolusi 16 MP dan kita memprediksi kualitasnya tidak jauh berasal dari OPPO F3 series. Tapi begitu mengutak-atik, ternyata tersedia fitur bokeh yang sesudah kita coba hasilnya sangat memuaskan.

Mode bokeh ini bisa menciptakan foto selfie dengan background blur yang rapi. Hasilnya tidak cukup lebih mirip layaknya Vivo V5 Plus yang punya dua kamera depan. Bedanya OPPO R11 bisa melakukannya hanya dengan satu kamera. Efek beautify dan ketajaman gambarnya pun layak diacungi jempol.

Nge-charge kilat. Baterai OPPO R11 berkapasitas standar, hanya 3.000 mAh dengan SoT kira-kira lima jam. Yang kita sukai adalah fitur VOOC Flash Charge yang sebabkan kesibukan isikan baterai menjadi menyenangkan. Pengisian 35 menit terisi 65 persen dan pengisian 65 menit sudah full.

Kekurangan

Performa grafis tidak cukup nendang. Kami mendapati terdapatnya bottleneck (ketimpangan) hardware antara CPU Snapdragon 660 dan GPU Adreno 512. CPU-nya boleh saja bertenaga, namun GPU-nya masih tidak cukup gahar. Kelancarannya didalam bermain game tersedia di bawah Adreno 530 yang terintegrasi dengan Snapdragon 820/821.

Selain itu, tersedia beberapa game yang tidak maksimal grafisnya. Sebut saja Asphalt Street Storm Racing di mana game ini menjadi tidak bisa menampilkan pengaruh blur pas balapan. Padahal mutu grafis sudah kita set ke high.

Tanpa NFC. Desain dan spesifikasi OPPO R11 masuk segmen kelas menengah ke atas. Ya, kita sepakat akan hal ini. Tapi ternyata tersedia satu hal yang sangat mengganjal di mana OPPO R11 tidak punya chip NFC. Meski tidak sangat penting, NFC perlu tersedia terhadap mayoritas smartphone menengah ke atas yang dibanderol di atas Rp5 jutaan.

Kesimpulan

OPPO R11 punya energi pesona lebih menarik ketimbang OPPO F series yang dipasarkan di Indonesia. Smartphone ini harusnya sangat bisa mendongkrak nama OPPO di mata internasional. Namun dengan harga menjual kira-kira Rp7 juta, OPPO R11 punya lawan senegara yang barangkali sukar dibendung, layaknya Huawei P10, Xiaomi Mi 6, atau OnePlus 5.

Selengkapnya : https://www.caraflashandroid.com/cara-hack-wifi-di-android/

In Tekno

Author:m7xap