Home Pendidikan • Pendidikan Islam Pada Periode Mekah Di Zaman Rasulullah

Pendidikan Islam Pada Periode Mekah Di Zaman Rasulullah

 - 

Pendidikan Islam yang berkembang pada zaman Rasulullah tentu saja merupakan sebuah pendidikan yang berbeda dengan pendidikan yang berkembang di masa sekarang ini. Pendidikan yang berkembang di zaman Rasulullah sendiri sebenarnya terbagi ke dalam dua periode pendidikan yaitu periode pendidikan Mekah dan juga periode pendidikan Madinah.

Pendidikan Islam Pada Periode Mekah Di Zaman Rasulullah

Pendidikan Islam Pada Periode Mekah Di Zaman Rasulullah

Keduanya punya konsep yang hampir sama tetapi punya pelaksanaan yang berbeda karena segi masyarakat yang dihadapi oleh Rasulullah di Mekah dan Madinah juga berbeda. Ya, Rasulullah memang seorang guru yang sangat cerdas dalam menyampaikan ilmu pendidikan sehingga mudah diterima oleh masyarakat karena disesuaikan dengan konteks dan lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Harusnya ini menjadi salah satu pedoman juga agar guru Indonesia menyampaikan pendidikan dengan disesuaikan murid – muridnya. Lantas seperti apa pendidikan Islam pada periode mekah di zaman Rasulullah? Tentu saja metode ini sangat penting dan menarik kita telisik dan mungkin bisa menjadi pedoman bagi diri kita sendiri dalam pendidikan.

Pendidikan Islam Pada Periode Mekah Di Zaman Rasulullah

Pendidikan Islam yang dilakukan pada periode Mekah memang merupakan suatu aspek penyebaran ajaran agama Islam yang dilakukan oleh Rasulullah kepada keluarganya dan juga terhadap orang – orang terdekat Rasulullah dengan cara – cara yang sangat lemah lembut. Kemudian tiga tahun berselang dan diturunkan ayat Al-quran yang meminta Rasulullah dalam menyampaikan ajaran Islam secara terbuka dan secara terang – terangan kepada sahabat serta juga kepada masyarakat umum. Nantinya juga rumah Al-Arqam menjadi sebuah tempat pendidikan Islam pertama yang berlaku di zaman Rasulullah dan juga sekaligus dijadikan tempat Rasulullah dalam melakukan dakwahnya.

Metode ceramah dan pidato merupakan cara pertama bagi Rasul dalam mengajarkan dan menyebarkan agama Islam. Nantinya juga rasul memanfaatkan tempat – tempat yang ramai dikunjungi orang sebagai tempat untuk menebarkan ajaran agama Islam.

Mengenai pendidikan Islam sendiri pada konteks periode Mekah menurut Mahmud Yunus didalam buku Sejarah Pendidikan Islam meliputi :

  • Pendidikan keagamaan. Pendidikan yang seperti ini memang memberikan pengajaran agar senantiasa menyebut asma Allah ketika hendak melakukan sesuatu dan ajaran tentang larangan mempersekutukan Allah serta larangan untuk tidak menyembah berhala.
  • Pendidikan ilmiah dan juga pendidikan syariat alkiyah sendiri juga turut menceritakan tentang asal mula terbentuknya alam semesta dan tentang pembentukan manusia yang diciptakan dari segumpal darah kemudian mengalami perkembangan di janin bahkan sampai mengalami kelahiran nantinya.
  • Memberikan pendidikan akhlak, toleransi dan juga budi pekerti pada umat muslim yang berlaku di zaman Periode Mekah.
  • Pendidikan jasmani dan juga pendidikan kesehatan akan memberikan pengajaran kepada manusia untuk senantiasa menjaga kebersihan badan, pakaian, dan juga lingkungan tempat tinggalnya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Pendidikan Islam Pada Periode Mekah Di Zaman Rasulullah. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. sumber :  https://www.dosenpendidikan.com/

Author:m7xap