Home Pendidikan • Pengadilan di Padang Mahsyar

Pengadilan di Padang Mahsyar

 - 
Pengadilan di Padang Mahsyar
Pengadilan di Padang Mahsyar

Pengadilan di Padang Mahsyar

Pengadilan di Padang Mahsyar

Pengadilan di Padang Mahsyar

Padang Mahsyar / Mahsyar (Arab: محشر)

dalam Islam adalah tanah berpasir putih yang sangat luas dan datar, dimana tidak terlihat dataran rendah maupun tinggi di akhirat. Di Padang Mahsyar inilah semua makhluk Allah yang berada di tujuh lapis langit dan bumi termasuk malaikat, jin, manusia, binatang berkumpul dan berdesak-desakan. Setiap manusia pada hari pengadilan akan hadir di Padang Mahsyar, diiringi oleh dua malaikat, yang satu sebagai pengiringnya dan yang satu lagi sebagai saksi atas segala perbuatannya di dunia. Manusia yang pertama kali dibangkitkan oleh Allah adalah Nabi Muhammad. Hari-hari di Padang Mahsyar itu disebut sebagai Yawm al Mahsyar (Arab:يومالمحشر).

 

Rasulullah SAW bersabda:

Bagaimana keadaan kalian jika Allah mengumpulkan kalian di suatu tempat seperti berkumpulnya anak-anak panah di dalam wadahnya selama 50.000 tahun dan Dia tidak menaruh kepedulian terhadap kalian? (HR Hakim dan Thabrani).

Padang mahsyar, hari pengadilan, dimana manusia menunggu untuk diadili dalam Pengadilan Yang Maha Adil. Bagaimana kondisi padang mahsyar itu? Di mana kita harus menunggu selama 50.000 tahun? Sejuk kah? nyaman kah?

Dalam hadist lain, Rasulullah SAW. bersabda,

“Banyaknya keringat manusia berdasarkan amal – amalnya. Di antara mereka ada yang keringatnya mencapai kedua mata kakinya, ada yang mencapai kedua lututnya. Dan di antara mereka ada yang keringatnya mencapai pinggangnya. Dan di antara mereka ada yang sampai meminum keringatnya sendiri.” (Nabi memberi isyarat dengan memasukkan tangannya ke dalam mulut ). ( HR.Muslim )

 

Hadits di atas berhubungan dengan keadaan kita

nanti di padang mahsyar, kata nabi Muhammad, kita berada di padang mahsyar selama 50ribu tahun yang sama nilainya dengan 50 milenium sama dengan  500 abad  sama dengan 6250 windu. Aduhai seberapakah lamanya waktu itu?

Allah SWT Berfirman (artinya): “Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya 50.000 tahun.“ (al-Ma’aarij [70]: 4)

Para mufasir menjelaskan maksud ayat di atas: malaikat-malaikat dan Jibril jika menghadap Tuhan memakan waktu satu hari. Apabila dilakukan oleh manusia, memakan waktu limapuluh ribu tahun. (Tafsir Ibnu Katsir).

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/

Author:m7xap