Home Tekno • Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply

Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply

 - 
Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply
Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply

Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply

Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply

Pengertian Power Supply dan Jenis Power Supply

Tidak begitu banyak orang tau pengertian dari power supply. Walaupun begitu di dalam kehidupan sehari-hari, power supply atau PSU singkatan dari power supply begitu bermanfaat. Menyediakan listrik adalah fungsi utama dari power supply dan power supply juga mampu menghasilkan energi mekanik. Dengan begitu fungsi dari power supply bukan hanya dapat memberikan energi listrik ke perangkat elektronik tapi juga banyak kegunaan lainnya dari power supply. Tapi sayang diantara banyaknya kegunaan dari power supply hanya sedikit orang yang memahami pengertian dari power supply.

Pengertian Power Supply

Power supply pada dasarnya adalah perangkat keras yang menghasilkan sebuah energi listrik. Sementara pengertian dari power supply adalah perangkat elektronik yang bisa menghasilkan energi listrik untuk perangkat-perangkat elektronik lainnya. Walau ada yang mengatakan power supply tidak hanya menghasilkan energi listrik namun juga energi kimia, tetapi banyak orang yang mengenal power supply debagai petabgkat keras penghasil listrik. Sehingga dasar dari diperuntukkan power supply digunakan sebagai sumber daya listrik bagi perangkat lain yang bekerja dengan menggunakan listrik.

Manfaat Power Supply

Didasarkan dari pengertian power supply ini, pastinya manfaat dari power supply sangat besar utamanya dalam membuat perangkat listrik lainnya bisa bekerja dengan baik. Walau begitu penggunaan dari power supply sering dikaitkan dengan bekerja-nya sebuah PC atau Komputer. pada saat komputer dinyalakan, power supply akan bekerja untuk mengalirkan listrik. Yang di mana pengaliran listrik ini akan membuat perangkat lainnya bisa bekerja. Dengan begitu komputer dapat bekerja sesuai pengertian dari power supply.

Jenis-Jenis Power Supply

Ada dua jenis power supply, kedua jenis ini mempunyai fungsi yang berbeda. Walau begitu keduanya sangat berguna sebagai sumber listrik daya ke perangkat elektronik lainnya dalam bekerja. Berikut di bawah ini adalah dua jenis dari power supply tersebut :

1. Power Supply AT

Pengertian power supply AT adalah PSU yang di buat pertama kalinya. Power supply AT sudah jarang ditemukan pada hari ini. Walau begitu, power supply jenis ini adalah power supply yang paling banyak dicari oleh pengguna komputer dengan pentium II dan pentium III. Keunggulan dari jenis PSU ini adalah mempunyai dua konektor yaitu P9 dan P8. Jarang terjadi kesalahan pada power supply ini pada saat dipasang ke motherboard. Dengan begitu fungsinya sebagai sumber daya listrik dapat berjalan.

2. Power Supply ATX

Untuk sementara pengertian dari power supply ATX adalah PSU yang dibuat lebih sedeahana dibandingkan PSU yang berjenis AT. Kegunaannya sebagai sumber daya untuk komputer sudah tidak diragukan lagi. PSU ini menjadi lebih sederhana dikarenakan konektor yang menghubungkan antara power supply dan motherboard telah dibuat menjadi satu. Hal ini membuat pemasangan jadi lebih cepat, dan power supply bisa bekerja dengan maksimal sesuai dengan pengertian dari power supply.

Konektor Yang Digunakan Power Supply

Dengan pengertian PSU yang digunakan sebagai penghubung listrik ke perangkat elektronik lainnya, power supply bekerja dengan memakai konektor tertentu. Umumnya konektor yang digunakan adalah dari jenis ATX Power Connector. Jenis dari konektor ini fungsinya untuk menghubungkan power supply ke motherboard. Konektor ATX dilengkapi oleh 20 pin ditambah 4 pin. Umumnya motherboard model lama membutuhkan 20 pin. Sisanya untuk dihubungkan ke motherboard model baru.

Jenis lainnya yang dipakai power supply adalah AT Power Connector. Didasarkan dari pengertian power supply yang mengalirkan daya listrik ke perangkat lain, jenis AT Power Connector ini hanya mempunyai 12 pin. Oleh karenanya fungsi dari jenis konektor ini hanya dapat menghubungkan power supply ke motherboard komputer pentium II.

Untuk konektor lainnya adalah Molex Connector. Konektor ini dikhususkan untuk menyambungkan arus listrik dari power supply ke Harddisk dan Cd Drive. walau begitu Molex Connector bisa juga digunakan untuk fan atau lampu-lampu, sehingga power supply bisa bekerja dengan baik menjadi sumber daya sesuai dengan pengertian dari power supply.

Sekian pengertian power supply dan jenis-jenisnya ini dibuat, semoga bermanfaat.

In Tekno

Author:m7xap