Home Pendidikan • Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial

Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial

 - 
Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial
Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial

Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial

Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial

Unsur-Unsur dalam Sistem Sosial

  1. Kepercayaan dan pengetahuan

Perilaku anggota dalam masyarakat sangat dipengaruhi oleh hal yang mereka yakini dan hal yang mereka ketahui tentang kebenaran, sistem religi, dan cara-cara penyembahan kepada sang Pencipta Alam Semesta.

  1. Perasaan

Perasaan terbentuk melalui hubungan yang menghasilkan suatu kejiwaan tertentu, yang jika sampai pada saat tertentu, harus dikuasai agar tidak terjadi ketegangan jiwa yang berlebihan.

  1. Tujuan

Tujuan adalah hasil akhir atas tindakan dan perilaku seseorang yang dicapai melalui perubahan-perubahan atau dengan cara mempertahankan suatu kegiatan yang sudah mantap.

  1. Kedudukan (status) dan peran (role)

Kedudukan seseorang dalam masyarakat ditentukan berdasarkan pergaulan, prestasi, hak, dan kewajiban dalam interaksinya dengan orang lain.kedudukan menentukan sesuatu yang harus diperbuatnya bagi masyarakat dan tidak harus memiliki hirarki.

  1. Kaidah atau norma

Norma sosial merupakan patokan tingkah laku yang diwajibkan atau dibenarkan dalam siituasi tertentu dan merupakan unsur paling penting untuk meramalkan tindakan manusia dalam sistem sosial.

  1. Kekuasaan

Seorang yang memiliki kekuasaan biasanya diikuti oleh wewenang apabila kekuasaanya tersebut mendatangkan dukungan dan diakui oleh masyarakat.

  1. Sanksi

Sanksi dapat berubah hadih (reward) dan dapat pula berupa hukuman (punishment). Sanksi diberikan atau ditetapkan oleh masyarakat untuk menjaga tingkah laku para msyarakat supaya sesuai dengan norma yang berlaku.

  1. Fasilitas

Fasilitas adalah semua bentuk cara, metode, benda-benda yang digunakan manusia untuk menciptakan tujuan sistem sosial itu sendiri.

Sumber: https://duniapendidikan.co.id/

Author:m7xap