Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pencak Silat Sebagai Budaya Asli Indonesia

mengenal pencak silat sebagai budaya asli indonesia


Pencak Silat merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang mendunia. Hal ini terbukti dengan mendunianya pencak silat di berbagai kompetisi olahraga global. Selain itu, pencak silat juga mulai dipelajari oleh banyak masyarakat dunia di berbagai kelompok usia. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pencak silat diartikan permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Pencak silat juga merupakan seni bela diri, sehingga di dalamnya terdapat unsur keindahan dan tindakan. Pencak silat merupakan hasil budi dan akal manusia, lahir dari sebuah proses perenungan, pembelajaran dan pengamatan.

Sejarah Pencak Silat

Bela diri silat sudah dikenal sejak zaman kerajaan di wilayah Nusantara. Pada zaman tersebut, para pendekar menggunakannya untuk bela diri dan pihak kerajaan menggunakannya untuk pertahanan kerajaan.  Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain Mataram, Majapahit, Tarumanegara, Kutai, Kediri, Singasari, dan Sriwijaya telah memiliki prajurit yang dibekali dengan ilmu beladiri untuk mempertahankan wilayah.

Pada waktu itu, belum dikenal dengan istilah pencak silat, baru kemudian pada 1019-1041 saat masa Kerajaan Kahuripan mulai dikenal ilmu beladiri pencak dengan nama Eh Hok Hik yang berarti Maju Selangkah Memukul. Masa kerajaan Islam, pencak silat mulai dipadukan dengan kegiatan kerohanian. 

Pada masa penjajahan Belanda, kegiatan bela diri dilarang oleh kolonial. Kegiatan pencak silat dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Baru kemudian di zaman Jepang kegiatan ini diperbolehkan kendati untuk kepentingan pertahanan pendudukan Jepang sendiri. 

Masa kemerdekaan, pencak silat menemukan jalannya untuk berkembang pesat. Hingga saat ini kita bisa mempelajari dan mengamalkan bela diri pencak silat.

Beberapa Nama Pencak Silat

Di dalam kehidupan masyarakat Nusantara yang beragam membuat nama pencak silat berbeda-beda. Beberapa nama tersebut antara lain:

1. Sumatera Barat dengan istilah Silek dan Gayuang.
2. Di pesisir timur Sumatra Barat dan Malaysia dengan istilah Bersilat.
3. Jawa Barat dengan istilah Maempok dan Penca.
4. Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur dengan istilah Pencak.
5. Madura dan Pulau Bawean dengan istilah Mancak.
6. Bali dengan istilah Mancak atau Encak.
7. Kabupaten Dompu dan NTB dengan istilah Mpaa Sila.

Demikianlah sejarah singkat mengenai pencak silat. Mari lestarikan budaya bangsa. 

Post a Comment for "Mengenal Pencak Silat Sebagai Budaya Asli Indonesia"