Home Pendidikan • 5 AKTIVITAS SERU UNTUK PERERATKAN HUBUNGAN AYAH DAN ANAK

5 AKTIVITAS SERU UNTUK PERERATKAN HUBUNGAN AYAH DAN ANAK

 - 

5 AKTIVITAS SERU UNTUK PERERATKAN HUBUNGAN AYAH DAN ANAK

Di samping ibu, ayah pun akan menjadi panutan anak ketika berperilaku. Namun, beberapa besar ayah menguras waktu di kantor sampai-sampai jarang menguras waktu bareng si kecil. Akibatnya, hubungan ayah dan anak menjadi renggang. Padahal hubungan ayah dan anak yang baik bakal memberi pengaruh positif untuk perkembangan mental anak. Untuk ayah, beberapa kegiatan seru ini dapat dilakukan guna mendekatkan hubungan dengan sang buah hati.

Berkemah
Berkemah tak melulu menjadi unsur dari ekstrakurikuler pramuka, namun pun efektif guna memperat hubungan ayah dan anak. Ada tidak sedikit kegiatan yang dapat dilakukan, mulai dari main kartu, memasak, bakar jagung atau melulu sekedar bertukar cerita. Karena melakukan kegiatan secara bersama-sama, keadaan pun bakal semakin cair dan Anda dapat segera akrab pulang dengan si kecil.

Bila cuaca tak memungkinkan guna pergi ke bumi perkemahan, Anda dapat memanfaatkan halaman rumah. Atau kita juga dapat mencoba opsi membina tenda di dalam rumah. Tidak urgen di mana atau berapa lama kamu dan anak-anak berkemah. Yang terpenting ialah Ayah dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan mereka.

Memancing
Bagi semua ayah yang memiliki kegemaran memancing, tidak boleh ragu menyuruh anak ikut serta. Letakkan gadget kalian di lokasi tinggal dan luangkan waktu guna berkomunikasi dengan anak seraya menanti terdapat ikan yang tercantol di kail.

Manfaatkan waktu itu untuk bertanya seputar topik yang digemari anak. Misalnya, lokasi wisata yang hendak ia kunjungi sampai YouTuber favoritnya. Di samping efektif membina hubungan ayah dan anak, memancing juga dapat melatih daya fokus serta kesabaran anak.

Berenang
Bila si kecil senang bermain air, adalahpilihan yang tepat bila Anda mengajaknya pergi berenang. Anda dapat mengunjungi empang renang atau pantai terdekat untuk merasakan waktu bersama. Bila hendak menambah keseruan berlibur, ajak anak Anda dapat mengunjungi lokasi wisata air. Dengan banyaknya wahana seru yang dapat dinikmati, menciptakan anak semakin gembira.

Sebelum pergi, siapkan bekal makanan guna mengantisipasti tak adanya penjaja makanan di tempat yang dituju. Pastikan membawa baju ganti dan pakai tabir surya supaya kulit menemukan perlindungan maksimal.

Mendaki Gunung
Tak hanya menghabiskan masa-masa ke pusat perbelanjaan, berlangsung kaki mengarungi hutan ternyata memiliki kesenangan tersendiri. Segarnya udara pegunungan berpadu dengan bentangan alam nan hijau, menciptakan hati makin bersemangat.

Sebelum mulai mendaki, temukan jalur pemanjatan yang tak terlampau berat dan dapat dilalui dengan aman. Usahakan jarak yang bakal ditempuh cocok dengan keterampilan anak. Siapkan perangkat sebelum berangkat mulai dari makanan ringan, air, perangkat P3K, jaket serta tabir surya. Jangan tak sempat bawa kamera guna mengabadikan momen indahnya hubungan ayah dan anak.

Memasak
Banyak menu simpel yang dapat Ayah masak sembari menguras waktu bareng anak. Namun, bila hendak lebih praktis, Anda dapat mencoba barbeku dengan family di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh di supermarket. Bila kita merasa harga daging sapi terlampau mahal, Anda dapat menggantinya dengan bahan-bahan yang lebih hemat seperti daging ayam, jamur, serta sosis.

Untuk memperkokoh hubungan ayah dan anak, libatkan si kecil dalam masing-masing proses barbeku. Misalnya mohon anak mencampurkan saus, menyiapkan piring atau mengatur meja makan.

Meskipun sibuk bekerja, semua ayah mesti pintar-pintar memungut waktu. Manfaatkanlah hari cuti nasional atau akhir pekan dengan sebaik mungkin. Anda bisa memilih satu atau lebih dari pekerjaan di atas dan temukan petualangan baru bareng si kecil. Sumber : https://www.pelajaran.co.id/

Author:m7xap