Home Pendidikan • CINTA DAN KASIH

CINTA DAN KASIH

 - 
CINTA DAN KASIH
CINTA DAN KASIH

Table of Contents

CINTA DAN KASIH

CINTA DAN KASIH

CINTA DAN KASIH

Menurut kamus umum bahasa indonesia karya WJS. Poerwadaminta cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada) atau rasa sangat tertarik hatinya.sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh rasa belas kasihan. Karena artinya hampir bersamaan sehingga kata kasih dapat memperkuat rasa cinta. Dengan begitu cinta kasih adalah rasa sayang kepada seseorang dengan menaruh rasa belas kasihan
Cinta itu sendiri sama sekali bukan nafsu,pernyataan tersebut sangat penting khususnya bagi perasaan yang bergejolak. Perbedaan antara cinta dan nafsu dapat dikatakan sebagai berikut, cinta itu bersifat manusiawi, sedangkan nafsu tidak bersifat manusiawi. Selain itu cinta juga bersifat rokhaniah, sedangkan nafsu artinya sifatnya bersifat jasmaniah. Cinta juga bersifat memberi, sedangkan nafsu lebih bersifat menuntut.

 

 
Erich Fromm (1983:24-27),seorang pengarang buku yang berjudul “Seni Mencintai” yang menyebutkan bahwa cinta itu memberi bukan menerima. Yang penting dalam memberi adalah dasar – dasar dari hal yang bersifat manusiawi. Misalnya saja yaitu pengasuhan,tanggung jawab,perhatian,pengenalan.
 
Dr. Salito W. Sarwono ,dalam artikel yang berjudul “Segitiga Cinta”, bukan cinta segitiga. Hal tersbut dapat dikatakan bahwa berbagai hal yang berhubungan dengan cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan,keintiman,kemesraan.Ketiga hal tersebut menjadi hal penentu dalam cinta itu sendiri.Sangat sulit dihindari bahwa atas dasar cinta murni yang dirasakan orang yang berlawanan jenis akhirnya akan bermuara dalam perkawinan yang membawanya dalam relasi seksual.

 

Baca Juga :

Author:m7xap