Home Pendidikan • LAYANAN DALAM TELEMATIKA

LAYANAN DALAM TELEMATIKA

 - 
LAYANAN DALAM TELEMATIKA
LAYANAN DALAM TELEMATIKA

Table of Contents

LAYANAN DALAM TELEMATIKA

LAYANAN DALAM TELEMATIKA

LAYANAN DALAM TELEMATIKA

Layanan telematika adalah layanan dial-up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Layanan Telematika (dalam bahasa Inggris disebut juga Telematics Services) dewasa ini sudah banyak digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan masyarakat. Layanan telematika digunakan dalam beberapa bidang, yaitu :
1.  Layanan Informasi
Layanan informasi merupakan penggabungan dari telekomunikasi digital dan teknologi komputer yang memainkan peran penting dalam komunikasi antar manusia. Layanan informasi menggabungkan suatu sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak, seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, dimana GPS tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Contoh lain dari layanan informasi, misalnya internet services yang saat ini sudah lazim.
Penggunaan teknologi telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Layanan informasi mencakup empat hal pola lalu lintas informasi, antara lain alokasi, pembicaraam, konsultasi dan registrasi.
2.  Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditing.
Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi yang tidak seharusnya. Dengan kata lain, layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh dari layanan keamanan, yaitu navigation assistant, weather, stock information, entertainment and M-commerce, serta penggunaan Firewall dan Antivirus.

Author:m7xap