Home Pendidikan • Mengenal Legenda Renang Indonesia

Mengenal Legenda Renang Indonesia

 - 

Mengenal Legenda Renang Indonesia

Mengenal Legenda Renang Indonesia

Olahraga renang di Indonesia sebenarnya tidak sehebat negara-negara lain yang membawa nama besar, tetapi Indonesia memadai bangga bersama dengan atlit-atlit renang yang dulu ikut mengharumkan nama bangsa.
Ada dua nama yang patut kita banggakan untuk prestasi yang dulu ia menggapai didalam olahraga ranang dan pantas rasanya jikalau kita kenal bersama dengan legenda renang indonesia

RICHARD SAMBARA

nama yang lebih dari satu tahun lalu ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah kompetisi internasional.
Nama besar Richard Sambera untuk cabang olahraga renang jadi ia torehkan saat berhasil menggapai medali perunggu terhadap ajang Asian Games di Beijing tahun 1990 untuk nomer 100 meter. Kelihaiannya berkecipuk di kolam renang konsisten mengguratkan tinta-tinta emas bagi bangsa ini. Sebut saja terhadap ajang Sea Games tahun 1989, 1991, 1995, 1997, 1999, 2001, dan 2005. Berturut-turut ia menyabet medali emas di nomer 100 meter. Tak hingga di situ, untuk nomer 50 meter pun berulang kali ia naik podium dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya saat Sea Games tahun 1995, 1997, 1999, dan 2001. Tidak cuma merengkuh medali emas, Richard Sambera juga mencetak prestasi sebagai pemegang rekor untuk olahraga renang nomer 100 meter

Jebolan Arizona State University ini tidak cuma berhasil memboyong gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Politik dan Ekonomi, tetapi juga menjalani keseriusannya di dunia renang.

ELFIRA ROSA NASUTION
Atlet Juara Renang Indonesia
Latihan itu, ternyata, tidak percuma. Lewat Kejurnas Antarklub di Jakarta, Desember 1983, Efi menyabet sembilan medali emas. Saat itu saja, bersama dengan menjadi pemegang empat rekor nasional, ia jadi mengimbangi prestasi bekas ”Ratu Renang Asia Tenggara”, Nanik Juliati Suryaatmadja, yang memegang lima rekor nasional. Walaupun tidak ditargetkan, si sulung beradik empat itu menggapai satu medali perak di Asian Games 1983 di Seoul, Korea Selatan. Inilah yang ikut mendorong SIWO/PWI Jaya memilihnya hingga tiga kali — 1980, 1981, 1983 — sebagai Atlet Terbaik.

Namun, gelar ini tidak membuat Efi berhenti berprestasi. Dalam PON XI, Jakarta, 1985, Efi merebut delapan medali emas dan dua medali perak, bersama dengan catatan memperbaiki delapan rekor PON dan lima rekor nasional. Sehingga, tersedia sarana cetak yang menjulukinya ”Primadona PON XI”.
Ia sebenarnya berasal dari keluarga perenang. Ayahnya adalah bekas perenang dan pemain polo air Sumatera Utara. Rosani Samsoe, ibunya, juga perenang. Keduanya kini menjadi pelatih, terakhir menetap di Jambi dan berhasil membangkitkan demam renang di daerah itu.

itulah materi yang dapat aku bagikan berkenaan mengenal legenda renang indonesia mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan membuka halaman berikutnya untuk referensi yang lain.dan jangan lupa tinggalkan komentar atau kritiknya sebagai bahan koreksi penulis.

Baca Juga :

Author:m7xap