Home Pendidikan • Minuman Keras

Minuman Keras

 - 
Minuman Keras
Minuman Keras

Table of Contents

Minuman Keras

Minuman Keras

Minuman Keras

Penggunaan minuman alkohol telah menimbulkan masalah obat bius di negara-negara dunia Barat. Tetapi bila Anda bertanya, apakah alkohol termasuk obat bius? Jawabannya adalah ya. Karena alkohol mengubah fungsi tubuh manusia, termasuk otak, sehingga itu tergolong obat bius.

Begitu melimpah minuman alkohol, begitu lazim dalam masyarakat sosial, sehingga orang-orang meminumnya tanpa berpikir dua kali. Angket yang dijalankan tahun 1958 menunjukkan 55% orang dewasa di Amerika Serikat meminum alkohol. Pada tahun 1964 prosentase ini meningkat hingga 63%, dan tahun 1974 menjadi 68%. Angket yang dijalankan tahun 1974 itu juga menunjukkan bahwa seperempat dari peminum mengatakan bahwa mereka kadang-kadang “meminum terlalu banyak” dan 12% mengaku bahwa minuman itu telah membawa “malapetaka pada keluarga”.

Banyak peminum alkohol sudah begitu ketagihan sehingga tidak dapat lagi meninggalkannya. Mereka adalah peminum yang jumlahnya diperkirakan sembilan sampai sepuluh juta orang di Amerika Serikat. Seseorang tidak perlu menjadi peminum untuk mengalami sebagian akibat jelek karena mabuk. Paling seidkit separuh dari jumlah kecelakaan lalu lintas disebabkan karena pengemudinya sedang mabuk.

Mengapa orang minum alkohol?
Bukanlah cita rasa minuman keras itu yang membuatnya populer. Sebenarnya cita rasa minuman keras itu tidak enak. Minuman keras menjadi populer karena alkohol mempengaruhi tingkah laku seseorang – melegakan dan merangsang serta mengurangi ketegangan.

Alkohol bukanlah bahan perangsang sebagaimana menurut pemikiran orang. Mengapa seorang merasa lega setelah meminum alkohol dikarenakann fungsi otak intelektualnya tertekan. Larangan-larangan disingkirkan, dan melakukan hal – hal yang ia sendiri tidak biasa lakukan.

Dalam dosis tinggi alkohol bukan hanya menekan, tetapi juga sebagai obat bius yang sama penagaruhnya dengan eter. Satu sebab mengapa alkohol tidak digunakan dalam kamar operasi ialah karena kurang aman dibandingkan dengan obat-obar bius yang lain.

Baca Juga : 

Author:m7xap