Home P.Umum • MUSIK

MUSIK

 - 
MUSIK
MUSIK

Table of Contents

MUSIK

MUSIK

MUSIK

 Tanpa disadari musik merupakan alat yang bisa menemani kita dikehidipun sehari-hari, meskipun musik ini hanya bersifat untuk didengar saja tapi banyak sekali kegunaan dari musik dan ternyata dengan mendengarkan musik kita akan mendapatkan manfaat-manfaat yang luar biasa , setiap hari kita mendengarkan musik, kecuali kalau kita tinggal dihutan, ada orang yang setiap bangun tidur mendengarkan musik, sarapan ditemani musik, dijalan didampingi musik bahkan untuk tidur di malam hari pun diselimuti oleh nada-nada dari musik.

 Tahukah kalian ibu yang sedang mengandung pun apabila menempelkan headset yang dialiri musik di perutnya akan mendapatkan dampak positive bagi janinnya nanti, survei membuktikan seorang ibu hamil yang rutin menempelkan musik dengan lagu-lagu klasik , dampak yang baik bagi pertumbuhanan janin dari mendengarkan musik-musik klasik adalah bisa membuat perkembangan otak belahan kanan janin dalam kandungan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kemampuan afektif si anak nantinya, otak kanan berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif, perasaan, bahasa, irama musik, imajinasi, lamunan, warna, pengenalan diri dan orang lain, sosialisasi, serta pengembangan kepribadian. Sementara otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik seperti baca-tulis-hitung, daya ingat , waktu, dan peristiwa), logika, dan analisis. Oleh karena itu, bila stimulasi dilakukan secara seimbang, diharapkan anak yang dilahirkan kelak tidak cuma memiliki kemampuan akademik yang baik tetapi juga kreatif.

Dan apa saja yang kita dapat dari manfaat mendengerkan musik selain manfaat untuk janin?

  1. Meningkatkan suasana hati (Mood), dengan mendengerkan musik yang kita sukai yang pada umumnya setiap orang memiliki tipe musik yang berbeda beda ternyata itu akan menambah suasana mood kita menjadi lebih baik, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.
  1. Untuk merangsang otak menjadi aktif,Semakin banyak pendengar menikmati apa yang mereka dengar, semakin kuat koneksi berada di wilayah otak yang disebut nucleus accumbens, atau dikenal sebagai pusat kesenangan otak dan berpikir untuk memainkan peran penting dalam penghargaan, kesenangan, dan tawa.
  1. Bisa meredakan stres, jika anda merasa stres karena aktivitas atau apapun yang membuat otak anda menjadi letih coba untuk meluangkan waktu untuk mendengarkan musik yang berirama selow yang membuat pikiran anda nyaman,Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja.
  1. Kesehatan mental lebih baik, ternyata Musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental,  “Ada dua cara berbeda yang digunakan dalam terapi musik: baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan,” kata Bridget O’Connell.

   Musik bukan hanya membuat kita nyaman, tapi musik juga bisa mengatasi dari rasa sepi dan kesendirian, musik juga bisa digunakan untuk mengungkapan perasaan kita kepada seseorang.

Sumber : https://blog-fiesta.com/

In P.Umum

Author:m7xap