Home Pendidikan • Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi

Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi

 - 
Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi
Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi

Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi

Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi

Penggangguran Lulusan SMK Masih Tinggi

Tingginya angka pengangguran lulusan SMK di Karawang, membuat sejumlah HRD

perusahaan merasa prihatin dengan kodisi itu. Jumlah perusahaan di Karawang yang mencapai ribuan, seharusnya cukup untuk menampung para lulusan SMK.

Atas dasar keprihatinan itu, sejumlah HRD di Karawang memberikan pembekalan kepada para siswa SMK Teknologi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “Kami memberikan pembekalan ini karena keprihatinan kami ketika banyak pencari kerja lulusan SMK, belum memiliki daya saing untuk bekerja di dunia industri,” ujar HRD PT Hasil Raya Industri, Dwi Ahad Wahyudi.

Dijelaskan, dalam kegiatan ini ada 4 HRD yang memberikan pembekalan bagi siswa SMK

Teknologi ini antara lain dari PT DICGraphics, PT Pricol Indonesia, dan PT MCE Seimitsu Indonesia. “Serta saya sendiri dari PT Hasil Raya Industri,” jelasnya.

Dikatakan, kegiatan ini agar generasi muda Karawang, khususnya siswa SMK memiliki kualitas SDM yang baik dan berkompeten di dunia industri. “Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 220 orang dan kegiatan ini juga tidak dipungut biaya,” katanya.

Ia menambahkan, dalam memberikan materi pembekalan kepada para siswa adalah pengenalan potensi diri

dan diawali oleh strategi untuk bisa bersaing di dunia industri. Sebab masih banyak lulusan SMK yang belum mengenali potensinya sendiri dan tidak mudah menyerah. “Lulusan SMK yang ingin bekerja di dunia industri harus tidak kenal lelah dan pantang menyerah,” katanya.

Dikatakan juga,ada yang harus di ingat dalam mencapai tujuan, yaitu semua membutuhkan proses dan tidak ada yang instan atau mendadak. Oleh sebab itu diperlukan persiapan dini dan tindakan nyata untuk mencapai kesuksesan. “Saya sangat antusias dalam memberikan pembekalan ini, sebab para siswa juga antusias dalam mendengarkan materi, kami berharap kegiatan ini terus dilakukan agar motivasi para siswa terus terpacu,” pungkasnya

 

Baca Juga :

Author:m7xap