Home Pendidikan • PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN

PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN

 - 
PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN
PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN

PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN

PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN

PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN

Dalam era Globalisasi saat ini, penggunaan teknologi Internet sudah menjadi satu kebutuhan mutlak. Semakin banyak kalangan Bisnis, Organisasi, Perkantoran, Militer hingga Pendidikan menggunakan jasa teknologi informasi ini, atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan “the Information Superhighway”. Sejalan dengan laju pertumbuhan penggunaan Internet tersebut semakin banyak pula aplikasi-aplikasi sistem komputer yang dibutuhkan, salah satunya adalah aplikasi sistem komputer di bidang pendidikan salah satunya pendidikan jarak jauh, yaitu Distance Learning atauElectronic Learning (e-Learning). Pendidikan jarak jauh atau e-Learningsebenarnya bukanlah sesuatu hal atau barang yang baru di dunia pendidikan.

Sudah cukup banyak lembaga atau institusi yang melakukan e-Learningdan biasanya dilakukan dengan mengirimkan berbagai materi kuliah dan informasi dalam bentuk cetakan, buku, CD-ROM, video langsung ke alamat peserta pendidikan jarak jauh. Tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan kuliah secara langsung saja yang dikirimkan ke peserta tapi juga berbagai masalah administrasi dan manajemennya. Namun, sekarang ketika teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat, khususnya teknologi Internet, semakin mendorong berkembangnya konsep e-Learning ini. Apalagi berbagai kemudahan penggunaan teknologi Internet yang selalu dapat diakses kapan saja (anytime), dimana saja (anywhere), ditempat mana saja(anyplace) serta multi users, telah menjadikan Internet sebagai suatu media yang sangat tepat bagi perkembangan e-Learning di masa depan.

E-Mail

Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.

Pengelolaan Sistem Informasi

Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau CD ROM, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu system.

Video Teleconference

Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat social. Banyak faktor yang mempengaruhi dilaksanakan atau tidaknya potensi teknologi telematika. Faktor utama, menurut Miarso (2004) adalah adanya komitmen politik dari para pengambil kebijakan dan ketersediaan para tenaga terampil.

Sumber : https://profilesinterror.com/

Author:m7xap