Home Pendidikan • Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan Elektronik

 - 
Perpustakaan Elektronik
Perpustakaan Elektronik

Table of Contents

Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.

Tingkatan Pengguna

Program pendidikan e-Learning dalam suatu lembaga pendidikan biasanya dapat dikatagorikan menjadi 3 (tiga) tingkatan dasar pengguna, yaitu:

  • Anonymous, yaitu pengguna publik, di mana tidak memerlukan otentikasi untuk mengakses aplikasi. Materi yang diberikan ke pengguna ini adalah materi-materi yang ditujukan hanya untuk konsumsi publik saja.
  • Tamu / Guest, yaitu pengguna yang melakukan login sebagai tamu(guess). Hampir sama dengan anonymous, tetapi bisa dilakukantracking terhadap penggunaannya dengan melihat statistik penggunaan materi. Materi yang diberikan ke pengguna ini adalah materi-materi yang ditujukan untuk konsumsi publik.
  • Pengguna yang terdaftar/ Registered User, yaitu pengguna yang terdaftar di aplikasi e-Learning pada lembaga pendidikan. Pengguna tersebut antara lain para siswa/siswi yang terdaftar pada lembaga pendidikan tersebut, para Tenaga Pengajar, Tenaga Profesional dan Tenaga Pengkaji  atau pengguna lainnya yang diberikan kewenangan menggunakan sistem E-Learning tersebut. Dimana setiap pengguna akan mendapatkan pasangan username dan password, setiap pengguna akan mendapatkan hak akses yang berbeda-beda terhadap aplikasi maupun materi pelajaran. Materi yang diberikan ke pengguna ini adalah materi-materi yang ditujukan untuk konsumsi terbatas (khusus pengguna yang terdaftar).

Pada pengguna yang sudah terdaftar ini memiliki tingkatan-tingkatan lagi, yaitu:

  • Administrator, yang merupakan tingkatan pengguna tertinggi yang mampu melakukan apa saja terhadap aplikasi.
  • Pengajar (Tenaga Pengajar/ Tenaga Profesional/ Tenaga Pengkaji), yaitu pengguna yang memiliki otoritas mengelola sebuah pendidikan atau kursus, baik administrasinya maupun isi materinya (course content).
  • Siswa/ Anggota, yaitu pengguna yang mengikuti kursus atau pendidikan tertentu.

Baca Juga : 

Author:m7xap