Home Pendidikan • Posisi Etika dalam Filsafat Pendidikan

Posisi Etika dalam Filsafat Pendidikan

 - 

Posisi Etika dalam Filsafat Pendidikan

Pendekatan dalam etika ada etika deskriptif dan etika normatif, kemudian peran etika dalam edukasi adalahetika sangat besar mempengaruhi pendidikan, sebab tujuan pendidikan itu merupakan untuk mengembangkan perilaku manusia, antara lain afeksi peserta didik. Segala sesuatu yang memiliki sisi kebersangkutanan, dengan nilai atau memiliki relevansi etis dapat dipandang sebagai etika. Dari terwujudnya moral seperti itu, menunjukkan terwujudnya target pengembangan sistem pendidikan

Pada hakikatnya, pendidikan meliputi kegiatan mendidik, mengajar, dan melatih. Kegiatan itu dilakukan sebagai usaha guna mentransformasikan segala nilai. Jika merundingkan tentang tujuan pendidikan, akan bersangkutan erat dengan sistem nilai dan norma- norma dalam suatu konteks kebudayaan.

Dalam proses pendidikan, karakter ialah proses mengukir atau memahat jiwa sedemikian rupa sehingga berbentuk unik, menarik dan berbeda dari yang lain. Membangun karakter harus dibangun mulai dari rumah, sekolah dan kemudian masyarakat dan kamu harus siap menghadapi sekian tidak sedikit watak dan karakter dari orang disekitar kita, tetapi ada nilai- nilai umum yang disepakati bersama. Jadi konsep etika ialah komponen kunci dalam pengambilan keputusan.

Antara ilmu (pendidikan), dan etika memiliki hubungan erat. Masalah moral tidak dapat dilepas dengan tekat manusia, untuk memburu kebenaran dan mengawal kebenaran diperlukan keberanian moral. Sulit membayangkan bila perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa disertai adanya kendali dari dari nilai- nilai etika agama.

Pendidikan di orientasikan pada upaya menciptakan suatu keperibadian yang mantap dan dinamis, mandiri, dan kreatif tidak hanya pada siswa, tetapi pun pada seluruh komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Terwujudnya kondisi mental moral dan spiritual religius menjadi target arah pengembangan sistem pendidikan. Etika sangat besar mempengaruhi pendidikan, sebab tujuan pendidikan itu merupakan untuk mengembangkan perilaku manusia, antara lain afeksi peserta didik. Segala sesuatu yang memiliki sisi kebersangkutanan, dengan nilai atau memiliki relevansi etis dapat dipandang sebagai etika. Dari terwujudnya moral yang laksana itu, menunjukkan terwujudnya target pengembangan sistem pendidikan.

Sumberhttps://write.as/ctlmu3ehntujzn70

Author:m7xap