Home Pendidikan • TERMINAL

TERMINAL

 - 
TERMINAL
TERMINAL

Table of Contents

TERMINAL

TERMINAL

TERMINAL

Biasanya data ditampilkan pada komputer pada jarak jauh atau dekat yang disebut dengan terminal. Fungsi dasarnya adalah untuk berhubungan dengan komputer host. Komputer host adalah tempat proses dilakukannya penyediaan, penyimpanan dan pengambilan data atau 3S (Sumber, Simpan, Sebar) yang dapat berupa CPU (Central Processing Unit).
Terminal juga dikenal dengan beberapa istilah, seperti CRT (Cathode Ray Tube), VDT (Video Display Terminal atau display station).
Terminal dibagi atas 3 jenis, yaitu :
1)   Terminal dungu (dumb)
Yaitu terminal yang berfungsi hanya berupaya menghantar setiap karakter yang dikirimkan ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.
2)  Terminal ‘smart’
Yaitu terminal yang berfungsi menghantarkan informasi tambahan selain apa yang dikirim oleh pemakai seperti kode tertentu untuk menghindari kesalahan data yang terjadi.
3)  Terminal pintar (intelligent)
Yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat fungsi-fungsi tambahan seperti kontrol terhadap penyimpanan ke storage dan menampilkan layout data dari host dengan lebih bagus.
Cara kerja Terminal Dumb
Terminal Dumb mengirimkan data dan informasi lainya ke mainframe, selanjutnya mainframe yang akan melakukan proses. Setelah selesai diproses, mainframe akan mengirimkan informasi yang telah diproses ke Terminal Dumb, kemudian Terminal Dumb akan memperbaharui tampilan.

Author:m7xap