Home Pendidikan • Tips Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Tips Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

 - 

Tips Mengajak Anak Nonton Pertunjukan

Galau nonton film atau peragaan lain sebab khawatir anak menciptakan ulah? Sebetulnya, kegalauan ini dapat diminimalkan andai Anda menyuruh anak nonton peragaan sejak ia sudah lumayan usia. Anda melulu perlu merealisasikan 5 tips inilah ini.

Perhatikan umur anak

Berapa umur yang tepat untuk menyuruh anak merasakan sebuah pertunjukan? Paling cepat umur 3 tahun barulah Anda dapat membawa si kecil pergi ke bioskop, gedung kesenian, atau meet and greet dengan figur idolanya. Pada umur ini, anak sudah dapat duduk tenang lebih lama dan menyimak sesuatu dengan saksama. Ia pun sudah mengetahui isi percakapan yang didengarnya dan memahami apa yang ia lihat. Ini menjadi modal penting untuk anak dalam mengekor jalan kisah pertunjukan tersebut.

Kenali tipe atau ciri khas anak

Setelah meyakinkan umur anak cukup, kenali tipe atau ciri khas anak. Dengan mengetahui karakternya, Anda dapat memilih jenis peragaan yang berkeinginan ditonton. Apabila anak masih fobia gelap dan gampang terganggu suara bising, tunda dulu acara nonton bioskop. Coba dulu dengan meet and greet bareng tokoh idolanya. Bisa pun Anda mengerjakan uji coba guna mengetes seberapa jauh si kecil dapat menyesuaikan diri dengan kondisi bioskop. Tidak hingga tuntas tidak apa-apa, namun Anda tahu sejauh mana ia dapat bertahan dengan situasi tersebut.

Jenis peragaan yang sesuai

Tidak semua peragaan sesuai guna usia anak. Pertunjukan dengan alur dinamis lebih pas bila disaksikan si kecil, sebab ia jadi terus terjaga dan tidak gampang bosan. Beberapa jenis peragaan yang tepat antara beda meet and greet dengan karakter idolanya (Hi-5, Micket Mouse, My Little Pony, Bima Satria Garuda, dll.), operet atau peragaan musikal, sirkus, unjuk ketangkasan ragam satwa, tarian, dan musik. Durasi peragaan ideal untuk anak ialah 90 – 120 menit per pertunjukan. Lewat dari itu, anak tentu mulai bosan.

Informasi dan aturan main

Sebelum menyaksikan pertunjukan, usahakan guna menyampaikan sejumlah informasi urgen dan aturan main berhubungan tata tertib menonton. Mulai dari apa yang bakal ditonton, durasi pertunjukan, sampai apa yang mungkin hadir selama pertunjukan. Demikian pula dengan aturan main yang butuh ia patuhi, laksana duduk tenang, tidak berteriak, dan tidak santap minum dalam lokasi pertunjukan. Sampaikan urusan ini mulai H-7 sampai sebelum berangkat ke lokasi pertunjukan.

Kondisi tubuh anak

Pastikan anak sedang tidak sakit atau keletihan saat menonton. Salah-salah ia justeru tertidur dan tidak dapat menikmati jalan kisah pertunjukan tersebut. Termasuk di dalam ini ialah bagaimana meyakinkan ia lumayan makan minum dan lumayan tidur sebelum peragaan dimulai.

Sumber : http://eve-search.com/externalLink.asp?l=https://www.pelajaran.co.id/

Author:m7xap