Home Pendidikan • Trik Menyapih Anak dari Dot

Trik Menyapih Anak dari Dot

 - 

Trik Menyapih Anak dari Dot

Mungkin ketika ini kita mulai putus harapan memikirkan bagaimana menyapih anak dari dot. Pasalnyaanak kita telah menginjak usia pra sekolah. Kesulitan ini biasa terjadi lantaran anak telah terbiasa minum susu dari dot semenjak bayi.

Tanpa dot, anak dapat mengamuk atau menangis tanpa henti. Akhirnya dot menjadi senjata ampuh untuk mendinginkan anak.Hal tersebut membuat orang tua semakin susah menyapih anak dari dot. Jika Anda tergolong orang tua yang kewalahan sebab masalah tersebut, cobalah sejumlah trik berikut.

Mengunjungi bayi

Ajak anak mendatangi bayi yang masih minum susu dengan dot. Perlihatkan untuk anak kita sambil menjelaskan atau biarkan mereka beranggapan bahwa bayi minum dengan dot sebab belum dapat memegang gelas dan minum sendiri. Pancing anak supaya malu sebab masih minum dari dot di usianya ketika ini.

Berikan motivasi meninggalkan dot

Berikan semangat dan desakan bahwa mereka bakal baik-baik saja andai minum dengan gelas. Jelaskan dengan baik, tidak boleh asal tidak mengizinkan begitu saja. Penjelasan dari kita akan menciptakan si kecil punya dalil tidak minum susu dari botol dan membantunya lebih konsisten.

Gunakan bahasa yang lembut dan gampang dimengerti. Berikan dalil yang bisa memotivasi anak guna berhenti minum dari dot. Di samping itu, bikin anak energik meninggalkan dot, contohnya dengan ucapan jika hendak cepat besar, jangan minum dari dot.Beri anak pujian andai mau minum dari gelas, walau pada ketika tertentu masih meminta minum susu dengan dot.

Pancing dengan hadiah

Menjanjikan hadiah terbukti efektif untuk menciptakan anak meninggalkan botolnya. Hadiah bisa berupa mainan yang telah lama diharapkan atau jalan-jalan ke lokasi yang dia impikan.Namun, tidak boleh jadikan teknik ini satu-satunya teknik untuk merayu anak mengerjakan sesuatu.

Lakukan secara bertahap

Peralihan minum susu dari dot ke gelas merupakan kelaziman baru. Ini pasti saja membutuhkan adaptasi. Cobalah menyapih anak dari dot secara bertahap. Mulailah dengan meminimalisir frekuensi ngedot-nya tidak banyak demi sedikit.

Lakukan secara bertahap dengan menyerahkan batas waktu. Berikan jadwal minum susu dengan dot secara dengan frekuensi semakin jarang. Misalnya dua hari sekali menjadi tiga hari sekali, lantas seminggu sekali, hingga anak jenuh dan bukan lagi bertanya mengenai dot.

Baca Juga :

Author:m7xap