Home Pendidikan • USBN jadi Penentu Kelulusan

USBN jadi Penentu Kelulusan

 - 
WASPADAI TIGA ANCAMAN PENDIDIKAN
WASPADAI TIGA ANCAMAN PENDIDIKAN

USBN jadi Penentu Kelulusan

WASPADAI TIGA ANCAMAN PENDIDIKAN

WASPADAI TIGA ANCAMAN PENDIDIKAN

Baru saja menyelesaikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus kembali berjibaku dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

USBN tingakat SMP akan berlangsung hingga senin mendatang

(7/5) 2018. Pada USBN kali ini siswa akan berhadapan dengan soal-soal yang terdiri dari seluruh mata pelajaran yang ada, untuk sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013 siswa akan mengerjakan soal yang berasal dari 11 mata pelajaran.

Kendati Ujian Nasional (UN) tak lagi penentu kelulusan, namun tidak dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pasalnya nilai USBN sendiri menjadi penentu kelulusan siswa, yang ditentukan dari 60 persen USBN dan 40 persen dari nilai ujian harian.

Seperti pantauan Radar Bekasi di SMPN 18 Kota Bekasi.

Di hari pertama pelaksanaan USBN, siswa menghadapi soal-soal Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama. Pembina Kesiswaan SMPN 18 Kota Bekasi Muhammad Iqbal mengatakan, untuk USBN siswa mengerjakan dengan model kertas pensil.

“Untuk ujian kisi-kisi tidak jauh berbeda dengan UNBK, susah atau tidaknya semua tergantung kepada siswa. Kalau yang gak belajar ya susah, yang belajar tetap bisa mengerjakan. Jadwal semua sama dari dinas pendidikan serentak dan dilaksanakan semua mata pelajaran untuk nilai akhir raport siswa,” ujarnya.

Pada pelaksanaan USBN kali ini diikuti sebanyak 389 siswa SMPN 18 Kota Bekasi

yang tersebar dalam 20 ruangan. Menurut pengakuan Iqbal, pelaksanaan akan dilaksanakan sampai dengan hari senin, pasalnya hari selasa bertepatan dengan hari libur May Day.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Bekasi Indri Hastuti mengaku, belum mendengar keluhan siswanya perihal soal-soal yang tersaji pada USBN kali ini. “ ini kan baru hari pertama, belum kedengaran ada anak yang ngeluh “ singkatnya kepada radar Bekasi.

 

Baca Juga :

Author:m7xap